Laing, Lacan dan Liyan

20 04 2007

Ronald D. Laing, seorang psikolog sekaligus pemikir pada tahun 60 an yang pernah dengan sangat teliti menyatakan: pada dasarnya manusia itu invisible. Antara satu dengan yang lain tidak pernah ada kejelasan. Hal itu karena ‘aku’ tidak pernah mengerti secara tepat siapa ‘kamu’ sesungguhnya. Yang ‘aku’ dapatkan adalah pengalamanku sendiri tentang kamu, dan yang aku lakukan adalah menggunakan pengalamanku ini untuk berelasi dengan kamu.

Pendapat yang serupa sesungguhnya juga diutarakan oleh Lacan, yang sama-sama psikolog. Bertolak dari psikoanalisis Freudian, Lacan dengan lebih tegas menyatakan bahwa adalah bahasa atau simbol-simbol-yang menandakan bahwa relasi kita harus dimediasi-, yang membuat kita terhalang satu sama lain. Kita harus berelasi dengan kategori semena-mena bahasa; lalu kita tahu bahwa ‘anak’ beda dengan ‘ibu’, dan kadang bermusuhan dengan ‘bapak’.

Dari Laing dan Lacan, kita tahu bahwa hidup kita akan selalu berhadapan dengan ‘liyan’, atau yang lain. Yang lain berarti mereka yang bukan aku. Yang lain adalah yang harus kita tafsirkan dan harus kita mengerti. Mereka adalah yang harus kita kenali, bukan dengan caraku yang solipsis melainkan dengan kesadaran besar untuk berkenalan dengan pengalaman-pengalaman ‘yang lain’ itu secara intim.

Dari semuanya, sesungguhnya kita belajar untuk sadar bahwa interpretasi merupakan cara kita hidup (our mode of existence). Berani hidup, berarti berani susah payah untuk memahami orang-orang di sekitar kita. Belajar berbeda adalah pelajaran pertama dan selamanya. Jika kita mulai egois, mulai paranoid, mulai dipenuhi oleh rasa bermusuhan, mulai merasa yang bukan aku itu salah, di situlah bibit-bibit kekerasan menunggu disemai.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: