Dari Sastra Jadi Makna

3 05 2007

Meskipun strukturalisme menjelaskan dengan sangat gamblang betapa makna dibentuk oleh unsur-unsur internal sebuah teks, ada banyak alasan yang menentangnya. Salah satunya adalah sebuah aliran sastra bertajuk ‘reader-response’. Sebagai sebuah teori sastra, tesis dasar teori ini adalah bahwa makna dikonstruksi dalam kegiatan pembacaan yang berbeda-beda sesuai kondisi si pembaca yang bermacam-macam pula.

Tidak mengherankan bahwa yang menjadi pusat perhatian teori ini adalah interaksi yang terjadi dalam proses pembacaan sastra itu. Pentingnya interaksi merupakan sebuah konsekwensi, selain kesadaran lain bahwa sastra tidak ubahnya adalah sebuah artefak seni, yang tetap sebagai benda saja seandainya tidak ada yang membacanya. Oleh karena itu, perjalanan dari sastra jadi makna adalah perjalanan dari obyek artistik (artefak seni, tadi) hingga menjadi obyek estetik; sekali lagi, itu terjadi dalam sebuah proses pembacaan.

Dari Sastra jadi Makna ditanggapi oleh Wolfgang Iser, seorang tokoh teori reader-response ini. Dia menjelaskan secara teliti bagaimana sastra memiliki mode of existence berupa lapis-lapis pembentuk, mulai dari lapis referensial, atau dikenali sebagai repertoire of the text, berupa segala sifat ekstratekstual dari unit-unit kata teks itu, lalu lapis gramatikal, atau strategy, berupa prosedur yang merangkai unit-unit kata tadi, dan ketiga adalah lapis realisasi, suatu level sintesis antara pembaca yang telah menangkap unsur-unsur tekstual itu dan mencoba memaknainya dengan memproyeksikannya ke dalam pengalaman dan latar belakangnya.

Makna dalam sastra akhirnya adalah bersifat estetis, atau dengan kata lain bersifat pribadi. Makna sebagai sintesis antara pembaca yang partikular dengan teks menjadikan sastra selalu bisa diperbaharui. Di sinilah, lalu bisa dipahami bagaimana sastra harus dimaklumi sebagai sesuatu yang bersifat polisemi. Segala puisi, segala cerpen, nikmatilah dengan bebas-merdeka.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: